Tips Mudik Lewat Jalan Pantura

Tips Mudik Lewat Jalan Pantura – Ramadhan sudah tiba, selain menikmati moment puasa dan shalat tarawih yang ditunggu banyak umat muslim di bulan Ramadhan ini, acara mudik pun menjadi sesuatu yang tidak dapat ditinggalkan ketika membicarakan bulan Ramadhan. Sebagai salah satu jalur favorit mudik yakni Pantura, ada beberapa tips mudik di jalur Pantura yang semakin memudahkan Anda dan keluarga menikmati perjalanan mudik tahun ini.

tips-mudik-jalur-pantura

1.  Menghindari suhu panas jalur Pantura

Tips mudik di jalur Pantura yang harus Anda perhatikan yakni sebisa mungkin menghindari berkendara di siang hari yang panas. Hal ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman saat berada di kendaraan untuk waktu yang lama di jalur Pantura apalagi bagi Anda yang masih berpuasa. Lebih baik melakukan perjalanan dimalam hari, selain jalanan lebih lapang dari segala aktifitas penduduk lokal, kemacetan juga relatif dapat lebih dihindari.

2.  Mempersiapkan waktu naik bis atau kendaraan sendiri

Hal kedua yang harus Anda persiapkan adalah kendaraan, jika Anda menggunakan kendaraan umum seperti bis, ada baiknya mengetahui jadwal keberangkatan dan titik-titik area peristirahatan yang biasanya dilewati bis sepanjang jalur mudik anda. Tujuannya agar anda dapat mengatur waktu untuk ke toilet dand beristirahat karena bis tidak dapat berhenti di sembarang tempat. Untuk yang memakai kendaraan sendiri akan lebih fleksibel. Anda dapat dengan bebas mengatur jadwal waktu keberangkatan dan istirahatnya.

3.  Pahami karakteristik jalur utama dan alternatif

Jika anda dan keluarga belum yakin atau berani memakai jalur alternatif, lebih baik gunakan jalur utama. Di jalur alternatif tidak banyak ditemukan SPBU, sehingga beresiko anda dapat mengeluarkan uang lebih untuk membeli bensin yang dijual di pinggir jalan, khususnya di sepanjang Indramayu – Cikampek.

4.  Mempersiapkan segala kebutuhan

Untuk memudahkan perjalanan Anda, apalagi yang mungkin membawa anak kecil, segala perlengkapan pastinya akan lebih banyak. Tidak hanya makanan dan minuman selama di perjalanan, namun juga pakaian dan segala perlengkapan anak-anak seperti mainan dan camilan juga obat-obatan.

5.  Menyetirlah lebih siaga dari biasanya

Jalur Pantura terkenal sangat padat merayap di hari-hari menjelang Lebaran apalagi ketika puncak arus mudik. Tetap jaga stamina, terutama bagi Anda yang akan menyetir kendaraan sendiri. Untuk menjaga hal-hal yang tidak diinginkan seperti kecelakaan, jika Anda lelah dan merasa mengantuk ada baiknya istirahat sejenak. Lebih baik menjaga segala kemungkinan buruk daripada cepat namun bahaya mengancam.

Nah, itulah lima tips mudik di jalur Pantura yang mungkin Anda lewati saat memulai perjalanan libur Lebaran bersama keluarga Anda. jaga stamina dan kesehatan keluarga, agar dapat bertemu dan berkumpul bersama keluarga besar untuk merayakan hari kemenangan. Selamat berlibur. Cheers!

Demikian informasi Tips Mudik Lewat Jalan Pantura Semoga dapat membantu Anda yang ingin segera mudik lewat jalan pantura.

Tips Mudik Lewat Jalan Pantura | infofemina.net | 4.5