Resep Pizza Goreng yang Menggugah Selera

Siapa yang tidak tau pizza? makanan khas italia ini sudah bukan menjadi makanan yang aneh di Indonesia. Namun bagi sebagian orang di Indonesia, harga pizza yang tersedia di pasaran yang saat ini franchise pizza terbesar di dunia, pizza hut, masih terlalu mahal. Sekarang banyak dijumpai kedai pizza murah di pinggir jalan, yang tak kalah enak rasanya dengan pizza yang ada di restoran.

Waktu musim hujan seperti sekarang ini, memang enak makan pizza yang masih hangat. Tapi ingin keluar rumah, malas banget. Nah kali ini infofemina.net akan menyajikan resep pizza yang berbeda daripada uumumnya. Jika pizza biasanya dipanggang/ dioven, kali ini kita akan mencoba resep pizza goreng yang menggugah selera dan tentunya enak untuk dinikmati dengan keluarga.

Setelah ditelusuri di internet, ternyata pizza goreng atau dalam bahasa inggris fried pizza bukan makanan asing diluar sana. Deep-fried pizza merupakan makanan yang sering menjadi menu di kafe kafe di Skotlandia. Biasanya deep-fried pizza disajikan dengan keripik kentang dalam porsi utuh atau setengah porsi tanpa keripik kentang. Selain itu juga dapat ditemukan di Italia. Ada dua versi pizza goreng yang sering disajikan di negara Italia. Pertama adalah jenis pizza goreng yang dibuat dengan melekatkan dua lapisan adonan berbentuk piring lebar yang berisi tomat, keju, daging dan bahan-bahan lainnya. Sementara versi kedua berupa piringan adonan pizza tanpa topping sama sekali yang digoreng dalam minyak panas yang banyak dan disajikan dengan taburan garam atau gula.

gambar resep pizza goreng diambil dari justtryandtaste

gambar resep pizza goreng diambil dari justtryandtaste

Sudah cukup intronya, berikut adalah resep pizza goreng enak dan mudah dibuat. Resep adonan pizza diadaptasikan dari Peter Reinhart’s Napoletana Pizza Dough Recipe dari website 101 Cookbooks Heidi Swanson. Sedangkan resep isi daging cincang dan pembuatan diambil dari blog mbak Endang Indriani disini.

Bahan untuk membuat adonan pizza goreng:

  • 400 gram tepung terigu protein tinggi (misal Cakra Kembar) + 50 gram untuk menabur meja dan menguleni adonan
  • 300 ml air dingin
  • 30 ml minyak goreng, untuk lebih sehat anda bisa menggunakan minyak zaitun.
  • 1 sendok teh ragi instan (7 gram), pastikan fresh, ragi masih aktif dan cek masa kadalursa.

Adonan diatas untuk membuat 6 buah pizza diameter + 15 cm (jika ingin lebih bisa menyesuaikan jumlah bahannya)

Bahan dan bumbu isi daging cincang:

  • 300 gram daging sapi cincang
  • 4 butir bawang merah, cincang halus
  • 3 siung bawang putih, cincang halus
  • 4 sendok makan saus spaghetti botolan siap pakai
  • 2 sendok makan saus tomat
  • 1/2 sendok teh kaldu bubuk instan
  • 1 sendok makan gula pasir
  • 1/4 sendok teh garam
  • seujung kuku mixed herbs / Italian seasoning
  • 1 sendok makan minyak untuk menumis

Bahan lain:
– bagi yang suka pedas bisa manambah saus sambal botolan secukupnya untuk olesan
– keju yang mudah meleleh,

Cara membuat membuat isi daging cincang:

Siapkan wajan, panaskan 1 sendok makan minyak. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Masukkan daging sapi cincang, masak dan aduk hingga daging berubah warna. Tambahkan saus spaghetti, saus tomat, gula, garam, kaldu bubuk dan mixed herbs . Aduk sampai merata. Masak hingga tumisan daging mengering dan matang. Cicipi rasanya sebelum diangkat.

Cara membuat adonan pizza:

Siapkan mangkuk besar, masukkan tepung terigu, garam dan ragi, aduk hingga benar-benar merata, karena jika ragi dan garam langsung bertemu muka maka si ragi akan mati. Masukkan air dingin dan minyak sayur, biarkan hingga air dan minyak meresap. Dengan menggunakan spatula plastik, aduk hingga tercampur rata dan menjadi adonan yang basah.

Pastikan tangan anda bersih, celupkan tangan dengan sedikit minyak sayur, bentuk jari-jari anda melengkung seperti sendok dan mulai menguleni adonan. Caranya dengan menarik adonan dari bagian tepi mangkuk dan melipatnya ke atas. Putar-putar mangkuk selama menguleni adonan agar semua sudut adonan teruleni dengan baik, jika adonan dirasa terlalu basah dan lengket di mangkuk, taburi sedikit demi sedikit dengan tepung terigu dan terus uleni hingga adonan tidak menempel di dinding mangkuk. Jangan berlebihan dalam menaburi tepung, adonan yang terbentuk lembek, lembut dan sangat elastis. Adonan dianggap jadi jika tidak menempel lagi pada dinding mangkuk namun masih melekat di dasar.

Jika adonan telah kalis, olesi mangkuk bekas menguleni adonan dengan minyak goreng. Bulatkan adonan dan letakkan di tengah mangkuk. Tutup dengan kain bersih dan istirahatkan selama 1 jam atau hingga adonan mengembang 2 kali lipat. Kempiskan adonan dan bagi menjadi 12 potong, masing-masing dengan berat sekitar 80 – 100 gram. Bulatkan sepotong adonan dengan menggelindingkannya di telapak tangan. Letakkan di permukaan meja bertabur tepung. Pipihkan bulatan adonan dengan menekannya menggunakan ujung jari dan telapak tangan hingga adonan melebar dengan diameter + 15 – 20 cm.

Olesi permukaannya dengan saus sambal menggunakan kuas hingga rata. Taburi dengan 2 – 3 sendok makan tumisan daging cincang. Taburi dengan keju Kraft mudah meleleh atau cheddar secara merata di atas tumisan daging.  Ambil sepotong adonan lagi, bulatkan dan pipihkan menjadi bentuk piring lebar dengan diameter yang sama. Letakkan adonan ini ke permukaan adonan yang telah ditaburi dengan tumis daging dan keju parut. Rapatkan dan tekan-tekan bagian pinggirnya dengan ujung jari agar menyatu rapat sehingga isi tidak berhamburan keluar.

Dengan menggunakan telapak tangan, tekan bagian tengah pizza secara perlahan hingga melebar dan tidak terlihat gendut di bagian tengah sambil jari-jari tangan merapikan bentuknya agar membulat cantik. Siapkan pan penggorengan teflon anti lengket, basahi permukaan wajan dengan 1 -2 sendok makan minyak goreng, ratakan. Panaskan wajan kemudian letakkan pizza yang telah diisi ke tengah wajan. Tekan dan rapikan dengan spatula hingga bentuknya bulat rapi.

Goreng dengan api kecil hingga permukaan bawahnya kuning kecoklatan, balikkan pizza dan goreng sisi sebelahnya hingga matang. Angkat dan tiriskan di piring beralas tissue dapur.

Pizza goreng yang lezat dan menggugah selera siap disantap selagi hangat dengan ditambah cocolan saus sambal.

pizza goreng pinggir jalan, resep pizza goreng

Resep Pizza Goreng yang Menggugah Selera | infofemina.net | 4.5