Penyebab Sariawan dan Cara mengatasinya

PENYEBAB SARIAWAN terkadang tidak bisa diketahui dengan pasti. Sariawan bisa muncul tiba-tiba tanpa kita sadari. Oleh karena itu, akan jauh mudah untuk kita menghindari sariawan jika kita tahu penyebabnya. Sariawan merupakan luka pada kulit bagian dalam mulut dimana luka tersebut berbentuk lingkaran berwarna putih yang sangat terasa sakit bisa tersentuh.

Penyebab Sariawan , kebanyakan disebabkan oleh kekurangan vitamin c. Tubuh kita memerlukan asupan gizi yang harus seimbang dan sesuai termasuk asupan vitamin. Vitamin c berfungsi sebagai penunjang daya tahan tubuh kita untuk menangkal radikal bebas. Nah apabila kita kekurangan vitamin c, maka akan muncul sariawan. Bisa dikatakan sariawan merupakan gejala atau tanda bahwa tubuh kita kekurangan pasokan vitamin c.

Vitamin c sangat penting untuk tubuh. Sariawan yang diakibatkan oleh kekurangan vitamin c dapat diobati dengan meminum minuman mengandung vitamin c atau makan makanan yang mengandung vitamin c.

Penyebab sariawan yang lain adalah keadaan mulut yang kurang bersih. Mulut merupakan organ pencernaan dimana seluruh makanan mengalami pencernaan untuk pertama kalinya sebelum masuk dan dicerna oleh organ pencernaan lainnya. Di mulut ada banyak sekali enzim, bakteri dan kotoran sisa makanan. Apabila mulut dalam keadaan yang kurang bersih, ini dapat memicu munculnya sariawan yang terjadi karena infeksi oleh bakteri atau kuman. Untuk menghindari sariawan, maka menjaga kesehatan mulut dan gigi merupakan kunci kesehatan mulut dan gigi. Menyikat gigi dua kali sehari, setelah makan dan sebelum tidur dan juga memakai obat kumur dapat membantu kita terhindar dari sariawan.

Penyebab Sariawan

Penyebab Sariawan

Kadang kala saat makan kita tidak sengaja menggigit mulut. Mulut yang tergigit kadang meninggalkan ruam-ruam atau bengkak kecil kemerahan. Jika kotoran dan bakteri dalam mulut tidak segera dibersihkan, kemungkinan besar ruam-ruam atau bengkak kecil tersebut dapat menjadi sariawan.

Sariawan dapat dicegah dengan asupan vitamin c yang cukup dan kebiasaan membersihkan mulut dan gigi yang teratur. Sariawan sering dikaitkan juga dengan panas dalam yang terjadi apabila kita terlalu banyak mengonsumsi makanan berminyak, pedas dan berlemak. Karenanya, kita perlu cermat dalam mengonsumsi makanan dalam hal porsi atau jenis makanannya.

Adapun cara cepat mengatasi penyakit sariawan yang menyiksa tersebut, bisa anda pelajari pada artikel yang lalu, mengenai cara cepat atasi sariawan

Penyebab Sariawan dan Cara mengatasinya | infofemina.net | 4.5