Nama Wanita Muslim Terkenal di Dunia Kampus

Siapakah wanita muslim terkenal di dunia kampus? Ya, masyarakat global boleh saja terpana dengan pamor maupun tingkat prestise berbagai kampus ternama dunia, semisal Harvard, Oxford, atau Al Azhar. Tetapi, deretan kampus ngetop itu bukanlah universitas perintis atau kampus tertua yang memelopori pendidikan tinggi.

Nama Wanita Muslim Terkenal - Fatimah Al Fihri

Nama Wanita Muslim Terkenal – Fatimah Al Fihri

Berdasarkan data collegestats.org, kampus pertama yang didirikan di dunia adalah Universitas Al Karaouine (Al-Qarawiyyin). Kampus ini dibangun tahun 859 M di kota Fes, Maroko, oleh Fathimah Al Fihri, seorang wanita muslimah.

Cinta Agama Islam

Fathimah Al-Fihri terlahir di Tunisia pada 800-880 M, di tengah-tengah keluarga bangsawan kaya yang berjiwa sosial tinggi. Muhammad Al-Fihri, demikian nama ayah Fathimah, merupakan pebisnis sukses di kota Tunisia yang hijrah ke Fes, Maroko, di masa kekuasaan Raja Idris II.

Kakak perempuan Fathimah Al-Fihri bernama Maryam. Baik Fathimah maupun Maryam, merupakan putri-putri yang cerdas, shalihah, berpendidikan. Mereka gemar mempelajari banyak hal, dan sangat mencintai ilmu agama Islam dan sains, terutama sekali bidang arsitektur. Setelah menetap di distrik barat kota Fes Maroko, Fathimah dan Maryam memprakarsai pembentukan berbagai pusat studi dan lembaga kajian untuk pengembangan intelektual masyarakat. Keduanya berhasrat memajukan masyarakat sekitar melalui ilmu pengetahuan, tanpa memandang kelas-kelas sosial.

Nama Wanita Muslim Terkenal

Nama Wanita Muslim Terkenal

Menghabiskan Harta Warisan

Untuk kepentingan ilmu pengetahuan sekaligus mengaktifkan berbagai forum diskusi, kedua kakak beradik ini tak segan-segan mengeluarkan harta mereka yang sebagian besar didapat dari warisan sang ayah.

Tahun 859 M, Fathimah menghabiskan seluruh warisannya untuk membangun rumah ibadah bernama Al-Qarawiyyin yang juga berfungsi sebagai madrasah. Madrasah ini memainkan peran utama dalam eksplorasi pengetahuan tentang Islam, juga ikut memfasilitasi pertukaran budaya antara peradaban Islam dan Eropa.

Fathimah Al-Fihri benar-benar nama muslim terkenal di dunia kampus, karena ia rela mengabdikan diri untuk meneliti dan mengembangkan berbagai kajian pengetahuan di Al-Qarawiyyin, hingga akhirnya ia memproses masjid ini sebagai pusat pendidikan yang berevolusi jadi universitas.

Kampus Tertua

Sebagai kampus tertua di dunia, Al-Qarawiyyin tercatat dalam Guiness Book of World Records. Universitas ini banyak melahirkan ilmuwan terkenal, di antaranya adalah Ibn Rushayd Al-Sabti, Mohammed Ibn Al-Hajj Al-Abdari Al-Fasi, Ibn Khaldun, Abdullah al-Ghumari dan lain-lain.
Universitas Al-Qarawiyyin merupakan contoh terbaik ihwal bagaimana Islam menggabungkan spiritual dengan aspek-aspek pendidikan. Hal ini juga menggambarkan peran terhormat perempuan muslim di dunia kampus, sehingga Fathimah Al-Fihri layak dikategorikan ke dalam nama wanita muslim terkenal.

Pada abad pertengahan, Universitas Al-Qarawiyyin jadi sentra intelektual utama di Mediterania. Reputasi spektakuler ini menyebabkan Gerber dari Auvergne menjalankan proses belajar di masjid. Selanjutnya, Gerber menjadi Paus Silvester II, dan memperkenalkan angka Arab dan nol pada publik Eropa. Keberadaan universitas ini jauh lebih tua dibanding Universitas Al Azhar, Kairo, Mesir. Tak salah jika dunia mengukir nama Fathimah Al-Fihri sebagai nama wanita muslim terkenal di dunia kampus.

nama perempuan islam terkenal, nama nama wanita muslim terkenal, perempuan muslim terkenal

Nama Wanita Muslim Terkenal di Dunia Kampus | infofemina.net | 4.5