Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Wanita

Menjaga kesehatan reproduksi pada wanita sangatlah penting. Hal ini dikarenakan sistem reproduksi wanita yang meliputi ovarium, tuba falopi, rahim, leher rahim, vagina dan payudara, adalah bagian dalam dan luar tubuh wanita yang rentan terhadap penyakit dan infeksi bila tidak dirawat dengan benar.

Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Wanita

Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Wanita

Vagina adalah sistem reproduksi pada wanita yang sangat perlu dijaga kebersihan dan kesehatannya. Berikut ini adalah rutinitas penting yang harus kita lakukan untuk menjaga kesehatan reproduksi wanita, terutama vagina.

Rutinitas Penting dalam Menjaga Kesehatan Reproduksi pada Wanita

1. Bilas hanya dengan air

Jangan pernah membilas atau meembersihkan alat reproduksi kita dengan menggunakan sabun badan, shampoo ataupun deterjen lainnya. Hal tersebut bisa menyebabkan ketidakcocokan pH dan pada akhirnya hanya akan menciptakan lingkungan yang nyaman bagi bakteri. Bila sudah begitu, akan terjadi infeksi seperti rasa perih, gatal-gatal, dan keputihan. Selain air, kita bisa menggunakan sabun khusus kewanitaan yang non-kimia dan memiliki kandungan pH yang tepat.

2. Hindari mencukur rambut di area vagina

Rambut kemaluan berfungsi sebagai pelindung area vagina dan juga saluran kemih. Mencukur rambut di area vagina dapat berisiko melukai kulit dan menjadi pintu masuk kuman penyebab berbagai infeksi. Bila sudah tidak nyaman dengan rambut kemaluan yang terlalu panjang dan banyak, cukup memotongnya secara rutin saja. Ingat untuk menggunakan gunting yang bersih, ya.

3. Vagina tidak perlu wangi bunga

Produk yang wangi belum tentu bersih dan aman bagi kesehatan reproduksi kita. Selain dapat menyebabkan alergi, produk yang mengandung wewangian dapat menyebabkan infeksi seperti rasa terbakar dan iritasi pada area vagina. Untuk itu, hindari penggunaan tisu fragranced untuk menyeka vagina, hindari menyemprotkan parfum ke sana, serta hindari pemakaian sabun badan.

contoh kesehatan reproduksi pada wanita

contoh kesehatan reproduksi pada wanita

4. Jangan menggaruk daerah kewanitaan kita

Demi menjaga kesehatan reproduksi pada wanita, jangan pernah menggaruk area kewanitaan kita, meskipun merasakan gatal. Kulit di area kewanitaan kita sangat sensitif, menggaruknya akan melukai kulit dan membuatnya rentan infeksi. Untuk mengatasinya, gunakan es batu bersih atau bilas menggunakan kain bersih yang direndam dalam air hangat untuk mematikan rasa gatal. Namun bila berlanjut, segera lakukan check up ke dokter.

5. Jangan sampai lembab

Setelah beraktivitas ke toilet, selalu bilas dengan air bersih lalu keringkan menggunakan handuk bersih. Keadaan yang lembab akan menjadi tempat berkembangbiaknya bakteri dan kuman penyebab masalah kewanitaan.

6. Pakai celana dalam dari bahan katun

Celana berbahan katun yang longgar akan memberikan ruang bagi area kewanitaan kita. Hindari memakai pakaian dalam yang terbuat dari bahan nilon atau sintesis yang ketat.

Dengan menjaga kesehatan reproduksi pada wanita, berbagai masalah kewanitaan dapat kita hindari.

kesehatan reproduksi pada wanita usia subur

kesehatan reproduksi pada wanita usia subur

Menjaga Kesehatan Reproduksi Pada Wanita | infofemina.net | 4.5