Menikmati Keindahan Burung Tanpa Mengurungnya

Keindahan ciptaan Allah SWT memang tidak terhingga. Apalagi kita yang berada di negara tropis seperti di Indonesia. Beragam jenis flora dan fauna berkembang disini. Salah satunya burung. Kebanyakan burung, kita nikmati keindahan bulu yang berwarna warni dan suara yang indah. Namun menikmati keindahan burung tak harus mengurungnya dalam sangkar bukan? Nah bagaimana cara agar tetap dapat menarik perhatian burung agar dapat kita senantiasa lihat serta dengarkan suaranya. yaitu dengan cara membuat pemberi pakan burung yang akan mengajarkan kepada anak kita bagaimana mencintai makhluk hidup lain.

Ada beberapa cara untuk menarik burung ke pemberi pakan burung (bird feeder). Bagi Anda yang cukup berpengalaman, hal ini mungkin cukup mudah dan tanpa memberikan masalah. Namun, jika Anda tidak berpengalaman,hal ini benar-benar sulit. Hal ini juga berkaitan dengan fakta bahwa burung cenderung memiliki karakteristik yang sangat berbeda antara satu dan yang lain. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui dengan baik tentang burung yang akan tertarik pada awalnya. Meskipun mereka mungkin berbeda, sebenarnya ada beberapa cara untuk menarik burung-burung pada umumnya. Jadi, apa yang mereka? Anda dapat mengikuti beberapa ide di bawah ini.

Menggunakan pemberi pakan burung yang sesuai

Tentu saja, hal yang paling penting untuk menarik burung adalah dengan mempersiapkan pengumpan burung (bird feeder) itu sendiri. Sebenarnya, tidak sulit untuk menemukan pengumpan seperti mereka yang ditawarkan di toko-toko hewan peliharaan. Jika Anda kreatif dan juga memiliki waktu luang, Anda bahkan bisa mencoba membuat sendiri. Salah satu situs yang membahas mengenai bird feeder ini adalah diybirdhouse.com. Sebuah pemberi pakan burung yang baik harus memiliki beberapa kualitas. Seperti apakah harus cukup besar ruang dalam atau pintu. sehingga burung bisa masuk tanpa kesulitan.

Letak Pemasangan Bird Feeder

Bird feeder ini juga harus diletakkan di tempat yang tepat sehingga burung menemukannya dengan lebih mudah. Tempat pengumpan diletakkan sebaiknya 15 kaki atau lebih dari tanah. Sehingga burung dapat dengan cepat terbang untuk menghindari predator terbang seperti elang. Bird feeder dapat digantung di pohon; sebenarnya merupakan tempat yang tepat. Namun, penting juga untuk memastikannya tidak dapat diakses oleh tupai atau tikus.

Pakan

Jika Anda telah mempersiapkan tempat pakan burung dengan kualitas yang baik, sesuatu yang tak kalah penting adalah mengenai ketersediaan pakan. Ya, berbagai jenis burung memakan biji bijian. Jadi, setelah bird feeder siap, Anda harus menempatkan pakan di atasnya sebagai contoh adalah biji bunga matahari, millet, suet atau jagung. Sekali lagi, jenis benih ditempatkan harus disesuaikan dengan jenis burung akan diberi makan. Itu sebabnya, seperti telah disebutkan sebelumnya, mempelajari burung di sekitar Anda adalah salah satu poin yang paling penting. Jika Anda cukup ragu dengan apa jenis pakan yang harus digunakan, Anda dapat menggunakan biji bunga matahari atau jagung. Hampir semua jenis burung suka makan itu. Dan juga menyebar benih kecil di tanah di bawah feeder. Burung mencari makan dengan pemandangan, sehingga menyebarkan beberapa biji mungkin membantu burung dalam menemukan tempat yang telah kita sediakan.

Baca juga Manfaat dan Khasiat Biji Mahoni Bagi Kesehatan

 

Kebersihan Tempat Pakan Burung

Sesuatu yang sering diabaikan adalah tentang menjaga kebersihan bird feeder. Tentu saja, Anda perlu membersihkannya secara teratur. Nah, burung-burung tidak tertarik dengan biji yang sudah busuk dengan bau. Dengan kata lain, pastikan tempat pakan burung dengan biji selalu bersih dan segar.

Ide Kandang Untuk Burung Bersarang

Satu hal penting untuk ditempatkan di dalam feeder adalah sarang. Oke, tidak semua burung mungkin menyukai ide ini. Namun, hal ini tak dapat disangkal penting terutama jika Anda ingin menarik burung betina. Ya, burung betina dapat mencari tempat yang aman di mana mereka bisa bertelur dan mengeram telur mereka. Selain itu, sarang juga cukup hangat sehingga bayi burung dapat tumbuh dengan baik di dalamnya. Satu keuntungan lebih lanjut tentang ini, jika ada burung betina di dalam, laki-laki juga harus tertarik untuk masuk ke sana. Jadi, apakah Anda memiliki lebih banyak ide bagaimana untuk menarik burung untuk pengumpan burung?

Menikmati Keindahan Burung Tanpa Mengurungnya | infofemina.net | 4.5