Gejala hamil yang wajib diketahui

GEJALA HAMIL yang sangat ditunggu-tunggu oleh pasangan suami-istri terkadang terjadi dengan gejala-gejala yang berbeda pada setiap ibu hamil. Seorang ibu hamil mungkin akan merasakan gejala yang tidak sama dengan ibu hamil lainnya. Ada yang mengatakan bahwa gejala hamil ini seragam seperti rasa mual-mual dan ingin muntah. Namun, ada pula ibu hamil yang tidak merasakan apa-apa selama mengandung janinnya. Nah, kenapa terjadi perbedaan seperti itu? Kita di sini berada untuk mengupas tuntas gejala hamil yang bisa dilihat dan diamati pada ibu hamil.

Gejala hamil

gejala hamil

gejala hamil

Gejala hamil yang pertama adalah perubahan suasana hati. Perubahan suasana hati ini dipicu oleh hormone yang mempengaruhi keadaan psikologis seorang perempuan. Pada masa kehamilan, hormone perempuan cenderung labil sehingga suasana hatinya dapat berubah-ubah. Hal ini kadang membuat beberapa wanita sangat sensitive terhadap sesuatu sehingga kita perlu cermat dalam mengamati keadaan seorang ibu hamil.

Selain gejala perubahan suasana hati, ibu hamil sering kali merasakan pusing di kepala. Rasa pusing yang kadang dianggap merupakan gejala penyakit tertentu lainnya bisa jadi menandakan kehamilan. Namun untuk pengamatan yang lebih akurat, kita harus melihat gejala-gejala hamil lainnya untuk mendukung dugaan kita bahwa seseorang tengah mengandung.

Gejala hamil berikutnya adalah mudah kelelahan. Ibu hamil akan mudah sekali merasa lelah ketika ia melakukan pekerjaan yang cukup berat. Karenanya dianjurkan seorang ibu hamil untuk selalu menjaga aktivitasnya agar tidak mengganggu kehamilannya.

Yang sangat populer dari gejala hamil, kita pun sudah sangat familiar dengan gejala hamil yang satu ini, yaitu ngidam. Seorang ibu hamil biasanya akan memiliki permintaan-permintaan dan keinginan yang aneh. Jika keinginan ini tidak dipenuhi ibu hamil bisa menjadi sangat sensitif, kembali ke masalah hormonal tadi. Ngidam kadang dikaitkan dengan anak yang ngiler setelah melahirkan nanti apabila ngidam seorang ibu tidak dipenuhi. Percaya tidak percaya itu bisa saja menjadi benar apa bila terlalu menyakini.

Namun untuk memastikan apakah seseorang itu sedang hamil, ada serangakai tes yang mudah untuk dilakukan. Yaitu dengan mengecek siklus haid seseorang ibu hamil. Jika dia sudah melewati masa siklusnya maka dimungkinkan ia hamil. Untuk lebih akuratnya sekarang sudah tersedia alat untuk mengecek kehamilan yang bisa didapatkan di apotek terdekat.

Kehamilan merupakan sebuah proses yang penting sekaligus mendebarkan. Yang perlu diperhatikan adalah bagaimana kita menyikapi gejala hamil tersebut agar kita dapat melakukan tindakan lanjut setelah mengetahui kehamilan. Jika ternyata sudah memeriksanya ke dokter atau menggunakan testpack dan menunjukkan hasil yang negatif. Ingin segera punya momongan bisa membca artikel tentang cepat hamil setelah menikah disini.

Gejala hamil yang wajib diketahui | infofemina.net | 4.5