Gejala demam berdarah Info penting untuk IBU-IBU

Gejala demam berdarah sudah sangat familiar bagi kita semua. Karena penyakit demam berdarah sendiri sudah endemik di Indonesia dan sering menjangkit anak-anak maupun dewasa. Namun, tidak ada salahnya kita menginformasikan info penting tentang gejala demam berdarah ini untuk semakin membuat kita waspada pada keadaan atau tanda-tanda adanya deman berdarah yang menjangkit kita atau keluarga terdekat kita. Oleh karena itu mari kita simak penjelasan berikut ini tentang gejala demam berdarah yang harus kita waspadai.

Demam berdarah sering ditandai dengan demam yang sangat tinggi selama beberapa hari. Namun demam tersebut akan turun setelah beberapa hari sebelum akhirnya melonjak lagi dengan suhu yang lebih tinggi. Demam ini sering disebut demam tapal kuda, karena bila dilihat dengan grafik penunjuk tingkat suhu tubuh dan demamnya akan tampak seperti bentuk tapal kuda. Demam ini sangat mengkhawatirkan para ibu karena keadaan ini membuat penderita demam bisa sangat kesakitan dan stress. Demam yang tidak biasa ini sering disertai muntah dan menurunnya nafsu makan yang drastis. Selain itu penderita demam berdarah yang ada dalam face ini sering mengalami keringan dingin atau panas dingin. Demam ini menjadikan peringatan awal yang harus kita tangan dengan benar.

Gejala demam berdarah

gejala demam berdarah

gejala demam berdarah

Selain demam yang tinggi, gejala demam berdarah lainnya adalah timbulnya bintik-bintik merah bekas gigitan nyamuk di bagian-bagian tubuh seperti badan, tangan, kaki dan wajah. Bintik-bintik merah tersebut merupakan gejala lanjutan yang menandakan bahwa virus dengue telah menyebar. Namun bintik-bintik merah yang muncul pada penderita demam berdarah berbeda dengan bintik-bintik merah bekas gigitan nyamuk biasa. Untuk membedakannya, kita bisa menekan bintik-bintik merah tersebut pada kulit. Apabila bintik tersebut menghilang maka kita tidak perlu mengkhawatirkan adanya bintik-bintik merah tersebut. Sebaliknya, kita harus segera waspada apabila keadaan ini juga disertai demam yang tinggi.
Demam dan bintik merah sering kita jumpai pada penderita demam berdarah. Namun untuk memastikan apakah seseorang benar-benar mengalami demam berdarah atau tidak, kita bisa mengecek kadar trombosit darahnya dengan melakukan tes darah. Dari hasil yang didapat akan terlihat keadaan trombosit darah seseorang. Apabila kadar trombosit darahnya jauh dibawah batas minimal sewajarnya, maka kita harus segera melakukan tindakan lanjut untuk menanganinya karena kemungkinan besar trombosit yang turun adalah gejala demam berdarah.

Gejala demam berdarah Info penting untuk IBU-IBU | infofemina.net | 4.5