Dimana Letak Pemasangan Cincin Tunangan Yang Benar?

Cincin tunangan dipasang jari mana? Itu menjadi pertanyaan yang sering dilontarkan oleh orang yang ingin melakukan tunangan pada waktu dekat. Tunangan adalah salah satu proses yang sering dilakukan oleh pasangan yang ingin melanjutkan hubungan mereka ke tingkat pernikahan. Jadi kalian mau tau dimana letak cincin tunangan baik untuk laki laki maupun perempuan? berikut sedikit info yang dapat kami sampaikan.

Istilah Tunangan

Tunangan atau dalam istilah islam disebut dengan khitbah. Namun berbeda dengan khitbah yang tidak mengharuskan memamakaikan cincin, tunangan dituntut untuk saling tukar cincin tanda seorang wanita sudah ditunang oleh pria, seakan akan sudah diikat, sehingga menghindari pria lain untuk mendekati. Pengalaman saya pada saat tunangan, yang memakaikan cincin pada wanita yang ingin kita nikahi adalah ibu kita (atau seorang wanita dari pihak pria) sehingga tidak akan terjadi sentuhan yang bukan muhrim antara laki laki dan perempuan.

contoh-cincin-tunangan

contoh cincin tunangan

Tunangan merupakan langkah kedepan untuk meresmikan hubungan antara laki laki dan perempuan dalam beberapa adat di Indonesia khususnya di Jawa. Pada adat jawa, istilah Tunangan juga disebut dengan “Tetalen”. Istilah itu diambil dari sebuah kata yaitu “Tali”; karena seseorang yang telah terlibat dengan tetalen seakan-akan mereka diikat oleh sebuah tali. Sehingga kedua pasangan tetalen tidak bisa sesuka hati memilih atau menerima orang lain ke jenjang pernikahan, kecuali dengan seseorang yang mempunyai ikatan tersebut dan selagi ikatan itu belum terputus atau dilepas atas kesepakatan keduanya.

Jadi begitu pentingnya sebuah tunangan, sehingga cincin tunangan adalah salah satu hal yang penting untuk disiapkan. Mengenai bentuk, bahan, berat gram dan harga cincin tersebut sesuai dengan kondisi finansial pihak laki laki. Namun ada baiknya didiskusikan secara baik baik kepada pasangan, sehingga nantinya cincin tunangan tersebut dapat dipakai sampai menikah.

Pemasangan Cincin Tunangan

Kembali ke topik awal mengenai cincin tunangan dipasang di jari sebelah mana. Menurut beberapa sumber yang infofemina baca, tidak ada ketentuan mengenai letak jari tangan mana yang akan dipakaikan cincin tersebut. Namun dari generasi ke generasi, letak cincin itu lebih afdhol di jari tangan kiri. Mengapa demikian?

letak-pemasangan-cincin-tunangan

Pada adat jawa, seorang wanita yang memakai cincin pada jari tangan kiri merupakan suatu simbol/tanda bahwa cincin yang dipakai itu merupakan cincin tunangan sehingga orang lain akan mengetahuinya hanya dengan melihat cincin yang dipakai di jari tangan kiri. Dan jika telah melanjutkan ke jenjang perkawinan, cincin tersebut dipakai di jari tangan kanan. Hal itu juga sebagai tanda bahwa perempuan tersebut sudah dalam status menikah.

Jadi kita bisa mengidentifikasi seorang wanita sudah menikah atau masih dalam masa tunangan dengan melihat dimana letak cincin yang dipakai. Namun untuk memastikan hal tersbut lebih baik kita langsung menanyakan hal tersebut langsung. Ini dikarenakan seorang wanita yang memakai cincin belum tentu sudah dilamar atau menikah bukan?. Karena seorang wanita sering memakai cincin untuk menghias diri.

Setelah membaca artikel diatas, kita sudah mengetahui tentang letak cincin tunangan. Apakah di tangan kanan atau di kiri. Kesimpulannya adalah letak cincin tungan berada di tangan kiri (kebanyakan pendapat demikian) sesuai budaya jawa. Jadi para pria mau khitbah tanpa menggunakan cincin pun tak masalah yang penting kalian berniat dan selalu melakukan hal baik untuk calon istrimu kelak. Jadi pilih seorang wanita sesuai dengan ajaran agama kita.

letak cincin tunangan, cincin tunangan dipasang dijari mana, letak cincin tunangan untuk wanita, cincin tunangan di jari mana, cincin tunangan di tangan

Dimana Letak Pemasangan Cincin Tunangan Yang Benar? | infofemina.net | 4.5