7 Penyakit Berbahaya Pada Wanita

Wanita dan pria sama-sama rentan terhadap penyakit bila tidak menjaga kesehatan dengan baik. Namun ada beberapa penyakit berbahaya pada wanita yang bisa saja menyebabkan kematian bila diabaikan dan terlambat diobati. Penyakit apa sajakah itu dan seberapa berbahayanya penyakit-penyakit tersebut, berikut adalah rangkumannya.

7 Penyakit Berbahaya pada Wanita

 

Penyakit Berbahaya Pada Wanita

Penyakit Berbahaya Pada Wanita

1. Serangan jantung

Memang, serangan jantung bisa terjadi pada siapa saja. Namun jumlah pasien wanita yang menderita serangan jantung pada 10 tahun terakhir ini meningkat setiap tahunnya. Bahkan tidak banyak yang dapat bertahan hidup lama.

2. Osteoporosis

Meski terkesan sepele, osteoporosis merupakan salah satu dari penyakit berbahaya pada wanita yang umumnya akan menyerang wanita di usia 40-an, atau wanita yang memasuki masa menopause. Kekurangan kalsium serta pberkurangnya produksi hormon estrogen adalah penyebab utama osteoporosis. Penyakit ini menjaid berbahaya ketika terlambat didiagnosis.

3. Kanker payudara

Kanker payudara yang terlambat diobati bisa menyebabkan kematian. Untuk mencegah kanker payudara, atau paling tidak mendapatkan pengobatan dini, para wanita disarankan untuk rutin melakukan pemeriksaan payudara sendiri. Gejala awal kanker payudara adalah tumbuhnya benjolan di payudara. Pada stadium lanjut, benjolan itu bisa terus membesar, menyebabkan borok dan tak jarang memngakibatkan pengangkatan payudara. Gejala abnormal lainnya adalah keluarnya cairan selain air susu, kondisi puting susu yang masuk, serta rusaknya jaringan kulit di area payudara.

4. Kanker serviks

Bersama kanker payudara, kanker serviks merupakan pembunuh nomor satu wanita di seluruh dunia. Untuk mendeteksi risiko kanker serviks, lakukanlah pemeriksaan pap smear, terutama bagi wanita yang pernah berhubungan intim.

5. PCOS (Poly Cystic Ovaries) dan kanker ovarium

Tumbuhnya kista kecil pada ovarium adalah penyebab PCOS. PCOS dapat menyebabkan gangguan hormonal pada wanita dan mempengaruhi siklus haid, membuat sulit hamil, serta masalah kesehatan lainnya. Wanita dengan obesitas berisiko 50 hingga 60 persen terhadap PCOS. Dan wanita dengan PCOS memiliki risiko mengalami kanker ovarium yang lebih tinggi. Berhati-hatilah, karena kanker ovarium sulit dideteksi.

Penyakit yang Berbahaya Pada Wanita

Penyakit yang Berbahaya Pada Wanita

6. Stres dan depresi

Stres berkepanjangan pada wanita bisa menyebabkan depresi. Terutama pada wanita yang memasuki masa menopause, depresi lebih rentan terjadi pada kaum wanita. Bila tidak ditangani secara profesional, depresi bisa membuat si penderita mengalami ledakan psikotik hingga memiliki keinginan untuk bunuh diri.

7. Infeksi saluran kemih

Infeksi saluran kemih merupakan penyakit berbahaya pada wanita yang bisa menyebabkan hipertensi. Gejala awalnya adalah sering berkemih yang disertai rasa pedih. Untuk menghindarinya, hindari menahan buang air kecil dan jagalah kebersihan organ intim.

7 Penyakit berbahaya pada wanita di atas bisa dihindari melalui pemeriksaan kesehatan rutin. Selain itu, jagalah kesehatan dengan menjalani pola makan seimbang serta gaya hidup yang sehat.

7 Penyakit Berbahaya Pada Wanita | sary | 4.5