7 Manfaat Teh Hijau Yang Belum Anda Ketahui

Teh Hijau tidak hanya nikmat, menghangatkan dan memberikan energi. Namun juga sangat baik sekali untuk Anda. Beberapa dekade terakhir ini, para ilmuwan telah mempelajari efek teh hijau terhadap berbagai masalah kesehatan dan hasilnya memang menakjubkan. Temuan mereka ternyata begitu mengesankan bahwa teh hijau kini dianggap sebagai salah minuman paling sehat di planet ini.

7 Khasiat Teh Hijau untuk Kesehatan Anda

Teh Hijau

Meminum teh hijau telah dikaitkan dengan penurunan resiko berbagai penyakit, beberapa bahkan merupakan hal umum dalam masyarakat barat.

Berikut di bawah ini 7 khasiat teh hijau yang sudah terbukti:

  1. Mengurangi Resiko Terkena Diabetes
    Sebuah studi pada orang dewasa di Jepang mengungkapkan bahwa minum beberapa cangkir teh hijau per hari bisa menurunkan risiko diabetes sampai 33%.
  2. Bisa Membuat Anda Lebih Pandai, Setidaknya Dalam Jangka Pendek
    Teh hijau memiliki kafein jauh lebih sedikit daripada kopi, sehingga cocok untuk orang-orang yang sensitif terhadap kafein. Tapi teh juga memiliki kombinasi yang berbeda dari stimulan dibandingkan dengan kopi. Sementara kopi memiliki lebih banyak kafein, teh juga memiliki sebuah tipe asam amino yang unik yang disebut L-Theanine yang dapat membantu dalam relaksasi dan fokus. Inilah alasannya mengapa teh hijau memberikan lebih rasa rileks dan fokus daripada kopi.
  3. Bisa Meningkatkan Kolesterol Baik
    Teh hijau juga telah dikaitkan dengan peningkatan faktor risiko untuk penyakit jantung, yang mengarah ke penurunan trigliserida dan LDL (kolesterol jahat), dan peningkatan HDL ( kolesterol baik).
  4. Bisa Menurunkan Risiko Kanker yang Anda Derita
    Ada banyak jenis kanker yang umum di negara-negara barat. Konsumsi teh hijau tampaknya bisa menurunkan kejadian dari beberapa jenis kanker, termasuk payudara, prostat, ovarium dan kanker endometrium.
  5. Dapat Membantu Mencegah Penyakit Parkinson
    Kafein dari berbagai sumber, termasuk yang berasal dari kopi dan teh, dapat membantu mencegah penyakit Parkinson, penyakit penurunan fungsi syaraf kedua yang paling umum pada manusia. Dalam hal ini, kopi benar-benar menunjukkan efek yang lebih kuat daripada teh.
  6. Meningkatkan Pembakaran Lemak
    Dalam dua studi terpisah, teh hijau telah diketahui bisa meningkatkan metabolisme. Dalam studi pertama, subyek yang minum teh hijau mengalami peningkatan 17% dalam pembakaran lemak dalam sel. Di satu sisi, peminum teh mengalami peningkatan 4% dalam pengeluaran total energi. Peningkatan 4% akan berarti bahwa alih-alih pembakaran, sebagai contohnya, 2.000 kalori per hari, Anda akan membakar 2.080 per hari. Tidak terlalu banyak, tapi selama berbulan-bulan atau setahun akan sama dengan jumlah seluruh lemak tubuh yang banyak.
  7. Dapat Membantu Menurunkan Berat Badan Anda
    Mengingat bahwa teh hijau dapat menaikkan tingkat metabolisme dan meningkatkan pembakaran lemak, juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Ini mungkin adalah alasan mengapa hampir setiap suplemen pembakaran lemak merk terkenal di pasar memiliki kandungan teh hijau di dalamnya.

Kesimpulan

Pada akhirnya, teh hijau adalah minuman yang hangat dan memuaskan. Alasan itu sangat baik untuk kesehatan adalah bahwa teh hijau itu kaya akan antioksidan yang unik dan beberapa nutrisi penting.

Jika Anda sensitif terhadap kafein dan tidak mentolerir kopi dengan baik, maka teh hijau mungkin akan menjadi pilihan terbaik Anda.

Bahkan akan lebih baik untuk minum kopi di pagi hari, kemudian setelah makan siang beralih ke teh hijau. Dengan begitu, sebagian besar kafein dari kopi akan meninggalkan sistem Anda sebelum Anda pergi tidur dan memastikan tidur malam yang nyenyak.

7 Manfaat Teh Hijau Yang Belum Anda Ketahui | infofemina.net | 4.5